"Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana" Persiapan Rutan Kelas IIB Enrekang Menyambut Hari Kebangkitan Nasional Ke-110


        Enrekang - (19/5/2018) Sehubungan dengan Surat Sekretaris Jenderal Nomor : SEK.UM.04.01-120 tanggal 9 Mei 2018 tentang Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 110 Tahun 2018 di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, pada hari ini Rutan Kelas IIB Enrekang melakukan pengecetan bangunan Rutan menjadi warna abu-abu muda dan merah hati sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana. Pada pelaksanaannya pengecetan ini tidak hanya dilakukan oleh Narapidana tetapi di dampingi juga oleh pegawai Rutan Kelas IIB Enrekang.

         Pada gambar di samping terlihat Narapidana sedang melakukan pengecetan pada bagian luar rutan di kawal oleh pegawai Rutan Kelas IIB Enrekang, Kegiatan pengecetan bangunan kantor ini tidak hanya dilakukan di Rutan Kelas IIB Enrekang tapi seluruh bangunan kantor Pemasyarakatan yang ada di wilayah Indonesia.

           Walau sedang menjalankan ibadah puasa tetapi Narapidana dan pegawai tetap semangat dalam mempersiapkan Hari Kebangkitan Nasional. Justru kegiatan ini menjadi sarana Narapidana untuk mengisi waktu luang selama melaksanakan ibadah puasa. Karena dengan melakukan kerja bakti dan serangkaian kegiatan lainnya, waktu berjalan dengan cepat bagi Narapidana. Selain itu mereka juga belajar mengenai pertukangan, hal ini juga bisa membangkitkan kepercayaan diri Narapidana sebelum mereka kembali ke masyarakat.
   
         Seluruh rangkaian yang ada di dalam pedoman pelaksanaan Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di seluruh Wilayah Indonesia.

           Dengan tujuan untuk membekali Narapidana dengan keahlian yang akan menjadi bekal mereka untuk menjalani kehidupan dimasa yang akan datang, juga sebagai wadah /sarana dalam membangun kepercayaan diri untuk berinteraksi kembali secara optimal di dalam lingkungan masyarakat. Tidak hanya itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa gotong royong dan tenggang rasa serta rasa cinta terhadap sesama. 

             Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini Narapidana dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya saat kembali ke lingkungan masyarakat. Sebab hal ini dapat menjadi bukti bahwa apa yang diberikan dan menjadi pembinaan di dalam Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan khususnya di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kelas IIB Enrekang telah berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Optimisme Baru: Kepala Rutan Enrekang Berharap pada Peningkatan Kinerja dengan Kepala Subseksi Pengelolaan yang Baru Dilantik

"Petugas Rutan Enrekang Pastikan Pelayanan Optimal untuk WBP dan Pembesuk di Hari Idul Adha"

Peringatan Harkitnas ke-116 di Rutan Enrekang: Momentum Bangkit dari Keterpurukan